04 February 2014

The Meaning of "Sarah"

Awalnya ayahku ingin memberikan nama Farah, supaya saya selalu bahagia. Tapi Mamah nggak setuju, katanya nanti anaknya diledekin 'Parah Parah' gitu. Akhirnya pakai nama Sarah, dan akhirnya saya memang tidak diledekin 'Parah', tapi 'Sarap'. Serius.

Katanya nama saya berarti luas, lega, lapang. Dalam bahasa arab itu memakai Syin, 'Syarah'. Bisa juga diartikan penjelasan, seperti kitab yang suka pakai nama 'Syarah Hadis'. Tapi nama saya tidak memakai Syin, tapi Sin.

Lalu guruku di pesantren memberitahu bahwa nama Sarah, yang juga nama istri pertama Nabi Ibrahim sekaligus ibunda Nabi Ishaq, berasal dari bahasa Ibrani atau Hebrew. Itu adalah bahasa asli kaum Yahudi. Arti dari Sarah sendiri adalah puteri yang cantik, begitu kata guruku.

Dan kemudian saya pun menemukan arti nama Sarah di sebuah situs. Dalam kitab yang berbahasa asli Hebrew, Sarah memang berasal dari 'Saray' yang berarti Puteri/Princess/Lady. Sementara Siti Sarah sebelumnya dikenal sebagai 'Sarai' dan ... agak nyengir ketika baca bahwa artinya adalah 'contetious, quarrelsome' yang berarti suka mendebat, suka cek-cok, dan semacamnya. Yeah ... sepertinya saya dan Siti Sarah memiliki sifat yang agak mirip.

Dalam bahasa Ibrani, arti Sarah memang Princess. Dan ternyata dalam bahasa Arab pun Sarah diartikan Happy.

Well, thank you Daddy for the name ... :)

0 Comments:

Post a Comment

Jika tidak memiliki akun di google, wordpress, dan yang lainnya, bisa menggunakan anonymous.