Everything happens for a reason. Nothing happens by chance or by means of good or bad luck, illness, injury, love, lost moments.

Selasa, 27 Desember 2011

Review Film Hafalan Shalat Delisa



Bertemu lagi disekilas film, kali ini saya akan mencoba mereview atau menceritakan tentang film Hafalan Shalat Delisa yang tidak lain tidak bukan adalah cerita dari buku terlaris karya Tere Liye yang juga berjudul Hafalan Shalat Delisa. langsung saja ini dia ceritanya, lets cekedaut!

Film Hafalan Shalat Delisa merupakan film yang mengisahkan tentang tragedi tsunami di Aceh pada 26 Desember 2004 ini menceritakan tentang seorang gadis kecil bernama Delisa yang terus berjuang untuk menghapalkan bacaan shalatnya walau bencana tsunami telah membuat delisa banyak merasakan kehilangan.


Cerita bermula di Lhok nga, hidup sebuah keluarga yang terdiri dari Umi Salma (Nirina Zubir) dan anak-anaknya yaitu Fatimah (Ghina Salsabila), Zahra (Riska Tania Apriadi), Aisyah (Reska Tania Apriadi) dan si bungsu Delisa (Chantiq Schagerl). Sedangkan ayahnya Abi Usman (Reza Rahadian) bekerja di kapal tangki minyak di luar negri.


Sudah menjadi kebiasaan kalau Umi Salma selalu memberikan hadiah para anaknya yang sudah hafal bacaan shalat berupa kalung, dan tinggal si bungsu Delisa yang belum mendapatkan hadia kalung karena belum hafal dengan bacaan shalatnya. Delisha terus berusaha menghafal bacaan shalatnya lantaran kalung yang ia inginkan sudah dibelikan oleh ibunya Umi salma, kalung yang cantik yang bertuliskan D (D untuk Delisa). Namun ia belum bisa memilikinya karena Umi salma masih menyimpannya hingga nanti sewaktu ujian shalat disekolah delisa bisa lulus hafalan shalatnya.

Tanggal 26 Desember, Delisa bersiap untuk melakukan ujian hafalan shalatnya di sekolah dengan Ustad Rahman (Fathir Muchtar) dan tentu saja ditemani oleh Umi Salma, sedangkan kakak-kakak Delisa, Fatima, Zahra, dan Aisyah menunggu di rumah. Pada saat Delisa melakukan ujian bacaan shalatnya tiba-tiba saja terjadi hal yang sangat luar biasa, ombak air laut yang sangat tinggi datang (tsunami) datang dengan cepat, para wargapun berlarian tapi delisa tetap khusyuk dengan shalatnya dan juga bacaan shalatnya hingga akhirnya tsunami menghantam dirinya dan seluruh Lhok Nga.

Abi Usman yang mendapatkan kabar jika Aceh terkena bencana Tsunami langsung datang ke Lhok Nga untuk mencari kabar dari keluarganya. Ketika sampai di Lhok Nga Abi usman mendapat pemandangan yang menyedihkan, Lhok nga sudah rata dengan tanah. Dan abi Usman semakin terpukul ketika ia mengetahui anaknya Fatimah, Zahra, dan Aisyah tidak selamat dan sudah dikurburkan. Tinggal Delisa dan Umi salama yang belum ada kabar, dan Abi Usman pun terus mencari.

Delisa berhasil selamat dari terjangan tsunami yang sungguh dahsyat tersebut, Delisa berhasil ditemukan dan diselamatkan oleh tentara Amerika yakni Smith (Mike Lewis). Di rumah sakit Delisa harus dioperasi dan diamputasi satu kakinya karena terluka dan sudah membusuk. Dirumah sakit pula ia dirawat oleh suster yang sangat menyayanginya yakni suster sophie (Loide Christina Teixeira), hingga akhirnya ayahnya Abi Usman menemukannya.

Delisa yang banyak kehilangan hal yang berharga di hidupnya banyak mengajarkan pada orang-orang disekitarnya yang sama-sama terkena bencana menjadi kuat untuk menghadapi cobaan, dan ikhlas menerima cobaan yang tentunya datang dari Tuhan, tidak terkecuali tentara Amerika Smith dan suster Sophie yang menjadi lebih mengerti arti hidup karena melihat Delisa.

Delisa akhirnya berhasil menuntaskan hafalan shalatnya tapi tidak karena hadiah tapi karena Allah, Delisa ingin benar-ingin bisa hafal bacaan shalatnya hingga bisa shalat dengan khusyuk dan mendoakan Umi Salma, kak Fatima, kak Zahra, dan kak Aisyah.
Setelah ia berhasil lulus bacaan shalatnya Delisa bertemu dengan Umi Salma yang sudah meninggal namun tangannya mengenggam kalung Delisa (D untuk Delisa).

Sama seperti novelnya film ini berhasil membuat para penonton yang menyaksikan terharu dan mengeluarkan air mata. Para aktor dan aktris yang memerankan perannya dengan baik. Berikut para pemain Film Hafalan Shalat Delisa.

Nirina Zubir sebagai Umi Salma



Reza Rahadian sebagai Abi Usman



Chantiq Schagerl sebagai Delisa



Al Fathir Muchtar sebagai Ustad Rahman



Mike Lewis sebagai sebagai Adam Smith



Loide Christina Teixeira sebagai Suster Sophie



Ghina Salsabila sebagai Fatimah



Reska Tania Apriadi sebagai Aisyah
Riska Tania Apriadi sebagai Zahra
itulah review dari film Hafalan Shalat Delisa, bagi para pengagum buku Hafalan Shalat Delisa direkomendasikan untuk menonton film ini dan juga tentunya para pecinta film Indonesia. terima kasih semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jika tidak memiliki akun di google, wordpress, dan yang lainnya, bisa menggunakan anonymous.

Zohrah. Diberdayakan oleh Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

© Daily Zohrah, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena