05 May 2011

Zohrah itu Venus (Bintang Fajar - Bintang Senja)

Venus

Definisi:
  1. Dewi cinta dan kecantikan, lambang daya cipta yang menopang segala kehidupan bagi bangsa Romawi
  2. Planet ke-2 dari matahari; bintang barat; bintang fajar; bintang kejora; bintang timur; bintang zohrah 
Sumber: KBBI III

Venus adalah planet kedua dari Matahari, yang memiliki radius 6.052 km dan mengelilingi matahari dalam waktu 225 hari. Dikenal juga sebagai  ZOHRAH, bintang kejora, bintang timur dan bintang barat. Planet ini dinamai Venus, yang berasal dari nama dewi cinta dan keindahan Romawi.

Arah rotasi Venus berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lain. Selain itu, jangka waktu rotasi Venus lebih lama daripada jangka waktu revolusinya dalam mengelilingi matahari.
Kandungan atmosfernya yang pekat dengan CO2 menyebabkan suhu permukaannya sangat tinggi akibat efek rumah kaca. Atmosfer Venus tebal dan selalu diselubungi oleh awan. Pakar astrobiologi berspekulasi bahwa pada lapisan awan Venus termobakteri tertentu masih dapat melangsungkan kehidupan.

Venus juga memiliki benua seperti di dumi. Satu benua terdapat di bagian utara dan yang lainnya hanya sebelah selatan katulistiwa. Benua utara ini disebut Ishtar Terra, luasnya seperti benua Australia. Maxwell Montes, gunung tertinggi di Venus, terletak di Ishtar Terra. Puncaknya adalah 11 km di atas ketinggian rata-rata permukaan Venus. Benua selatan disebut Aphrodite Terra, luasnya lebih besar dari dua daerah dataran tinggi di Amerika Selatan.

Venus itu juga sering disebut sebagai Bintang Fajar atau Bintang Senja  karena planet ini biasanya terlihat di sebelah timur sebelum matahari terbit, sehingga Venus di sebut Bintang Timur atau Bintang Fajar. Kadang-kadang juga Venus terlihat di sebelah barat sebelum matahari terbenam, sehingga venus dinamakan Bintang Senja, Bintang Barat, atau Bintang Kejora. Dalam bahasa Arab Venus ini dikenal dengan nama Zuhara

Ini baru penjelasan abstrak mengenai nama Zohrah, untuk selanjutnya saya akan mencoba posting kenapa saya mengambil nama pena Sarah El Zohrah. ^^;

Wait it!

7 comments:

  1. nama pena? berarti bukan nama sebenarnya donkz...??

    ReplyDelete
  2. yap,
    tapi kan ga semua nama pena itu bukan nama sebenarnya

    ReplyDelete
  3. kalo liat dari definisi Venus yg pertama. .. itu berarti apa untuk hidupmu ????

    ReplyDelete
  4. hmm ...
    ini pasti acuy yang komen :D
    definisi yang mana? yang dewi2 itu?

    ReplyDelete
  5. bukan, yang komen kemarin mah si owen....aku mah baru komen sekarng

    ReplyDelete
  6. bintang fajar itu ada di planet mana sih?

    ReplyDelete

Jika tidak memiliki akun di google, wordpress, dan yang lainnya, bisa menggunakan anonymous.